tulisan jln

Menjelaskan semua tentang bakteri. Dari pengertian, jenis, koloni bakteri, morfologi bakteri, struktur bakteri, cara hidup, reproduksi bakteri, reproduksi bakteri secara sexual, reproduksi bakteri secara asexual,

Minggu, 27 November 2016

Struktur Bakteri

a. Dinding sel
Dinding sel tersusun dari peptidoglikan yaitu gabungan protein dan polisakarida (ketebalan peptidoglikan membagi bakteri menjadi bakteri gram positif bila peptidoglikannya tebal dan bakteri gram negatif bila peptidoglikannya tipis).


Fungsi dinding sel diantaranya :
·         Mempertahankan bentuk dari sel
·         Memberikan sebuah perlindungan fisik, 
·         Menjaga sel agar tidak pecah dalam lingkungan yang memiliki tekanan osmotik yang lebih rendah (hipotonis)
·         Sel bakteri dapat mengalami plasmolisis jika berada pada lingkungan yang tekanan osmotik lebih tinggi (hipertonis).
·         Bakteri akan mati jika berada pada larutan yang pekat misalnya mengandung banyak garam atau banyak gula.

b. Membran plasma
Membran plasma adalah membran yang menyelubungi sitoplasma tersusun atas lapisan fosfolipid dan protein. Fungsi membran plasma, diantaranya :
·         Membungkus sitoplasma 
·         Mengatur pertukaran zat yang berada di dalam sel dengan zat yang ada diluar sel. 

c.   Sitoplasma
Sitoplasma adalah cairan koloid yang mengandung molekul organik seperti lemak, protein, karbohidrat, dan garam-garam mineral, enzim, DNA, Klorosom (pada bakteri fotosintetik), dan ribosom. Fungsi sitoplasma, diantaranya :
·         Sebagai tempat terjadinya reaksi-reaksi metabolisme sel 

d.  Mesosom
Mesosom adalah organel sel yang memiliki penonjolan pada membran plasma ke arah dalam sitoplasma. Fungsi mesosom, diantaranya :
·         Menghasilkan energi
·         Membentuk dinding sel baru saat terjadi pembelahan sel 
·         Menerima DNA pada saat konjugasi

e.   Nukleoid (Nukleus) atau inti sel
Nukleoid (Nukleus) atau inti sel memiliki Fungsi :
·         Pengendali dan pengatur sel. seluruh aktifitas sel diatur oleh nucleus
·         Sebagai pembawa informasi genetik yaitu kromosom, yang diwariskan ke generasi selanjutnya. Kromosom adalah struktur yang tersusun oleh molekul DNA dan protein (histon). Nukleus sel bakteri terpapar atau kontak langsung dengan sitoplasma karena tidak memiliki membran inti.


f.   Ribosom
Ribosom adalah organel-organel kecil yang tersebar dalam sitoplasma , tersusun dari senyawa protein dan RNA (ribonukleic acid). Jumlah ribosom di dalam suatu sel bakteri mencapai ribuan, contohnya saja Escherichia coli yang mempunyai 15.000 ribosom. Fungsi Ribosom sebagai sintesis protein


Tidak ada komentar:

Posting Komentar